فعالية استخدام الطريقة القياسية بلعبة جدول القواعد الصرفية لترقية التحصيل الدراسي لدى الطالبات في تعليم الصرف في المدرسة الثانوية بمعهد دار الحكمة بكنبارو

Nailil Hidayah, - (2020) فعالية استخدام الطريقة القياسية بلعبة جدول القواعد الصرفية لترقية التحصيل الدراسي لدى الطالبات في تعليم الصرف في المدرسة الثانوية بمعهد دار الحكمة بكنبارو. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI NAILIL HIDAYAH.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Nailil Hidayah, (2019): Efektifitas Penggunaan Metode Qiyasiyah dengan Permainan Gramatika Kolom Shorof untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitiian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode qiyasiyah dengan permainan gramatika kolom shorof untuk meningkatkan hasil belajar siswi madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah metode qiyasiyah dengan permainan gramatika kolom shorof Efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswi madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru?”. penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi dan test. Populasi penelitian adalah siswi kelas X Madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru 2018/2019. dengan sampel siswi kelas X Sosial 1 dan X Religi 1 siswi madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru shorof dan siswi Madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Dan sampel ini dibagi menjadi dua kelas experiment dan kelas control. Kelas X Sosial 1 sebagai kelas experiment dan kelas X Religi 1 sebagai kelas control. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, proses pembelajaran dan test. Dilakukan sebelum dan sesudah menerapkan metode qiyasiyah dengan permainan gramatika kolom shorof. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode qiyasiyah dengan permainan gramatika kolom shorof efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hikmah. Karena nilai To =4,09 lebih besar dari Tt pada taraf signifikan 1%=2.69 dan taraf signifikan 5%=2.02. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain metode qiyasiyah dengan permainan gramatika kolom shorof efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswi madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci : Efektifitas, Metode qiyasiyah, Permainan, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:12
Last Modified: 24 Jan 2020 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25436

Actions (login required)

View Item View Item