Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERIAN KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) DAN URIN SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

ENDRA CAHYONO, 11582103737 (2020) PEMBERIAN KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) DAN URIN SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
SKRIPSI ENDRA CAHYONO.pdf

Download (6MB)

Abstract

PEMBERIAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) DAN URIN SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascanicum L.) Endra Cahyono (11582103737) Dibawah bimbingan Rita Elfianis dan Ahmad Darmawi INTISARI Bawang merah merupakan salah satu komoditas tanaman holtikultura yang mempunyai arti penting bagi masyarakat, baik dilihat dari nilai ekonomi maupun kandungan gizinya. Salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah dapat dilakukan dengan cara pemupukan yaitu dengan pemberian kompos tandan kosong kelapa sawit (TKKS) dan urin sapi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis kompos TKKS terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah, dosis urin sapi terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah dan untuk mendapatkan interaksi antara kompos TKKS dan urin sapi terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Febuari sampai Mei 2019 di Labolatorium UIN Agriculture Research Develoment Station (UARDS) lahan percobaan dan Laboratorium Agronomi Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor yang diulang sebanyak 5 kali. Faktor pertama yaitu dosis kompos TKKS ( 0, 175, 350, 525 g/tanaman), Faktor kedua yaitu dosis urin sapi ( 0, 100, 200, 300 ml/tanaman). Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah umbi, diameter umbi, berat segar umbi, dan berat segar tajuk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian kompos TKKS dengan dosis 0 – 525 g/tanaman belum mampu meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah umbi, diameter umbi, berat segar umbi dan berat basah tajuk tanaman bawang merah. Pemberian urin sapi dengan dosis 300 ml/tanaman lebih baik dalam meningkatkan tinggi tanaman bawang merah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 24 Jan 2020 02:51
Last Modified: 24 Jan 2020 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25434

Actions (login required)

View Item View Item