Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

RESTI ANGGELA PUTRI, 11315200940 (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
SKRIPSI RESTI ANGELA PUTRI.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Resti Anggela Putri, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa Sekolah Menengah Atas Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya pengaruh pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Scaffolding ditinjau dari pengetahuan awal pada siswa SMA Negeri 04 Pujud. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 SMA Negeri 04 Pujud dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran Scaffolding terhadap pemahaman konsep matematis siswa yang ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Penulis menggunakan tes”t” dan uji anova untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan medel pembelajaran Scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, terdapat perbedaan pengaruh antara pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Scaffolding dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung,terdapat interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Scaffolding dan pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian secara umum model pembelajaran Scaffolding berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari pengetahuan awal matematis siswa SMA Negeri 04 Pujud . Kata kunci : Scaffolding, Pemahaman Konsep Matematis, pengetahuan Awal Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2020 02:40
Last Modified: 24 Jan 2020 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25433

Actions (login required)

View Item View Item