PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MA’ARIFIYAH PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN

ROSMAIYATI, (2013) PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MA’ARIFIYAH PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201348PAI.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Rosmaiyati : “ Pengembangan Kurikulum di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Hidayatul Ma’arifiyah Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan”. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau. Harapan terhadap pendidikan yang berkualitas sangat diidamkan oleh semua pihak. Salah satu faktor yang menentukan adalah guru yang memiliki kompetensi cukup untuk melaksanakan pembelajaran dengan baik. Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Hidayatul Ma’arifiyah Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu madrasah untuk meningktkan kualitas pendidikan madrasah terutama dalam mengembangkan kurikulum. Dengan dukungan pemerintah, komite, disertai guru-guru yang bertugas didalamnya memiliki kompetensi keguruan yang mampu melaksanakan tugasnya secara maksimal, efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Hidayatul Ma’arifiyah Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan yang meliputi konsep-konsep pengembangan kurikulum dan implementasi pengembangan kurikulum. Diharapkan hasil penelitian ini sebagai salah satu sumbangan terhadap pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Hidayatul Ma’arifiyah Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Sumber data penelitian ini adalah kepala Madsarah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru-guru, dokumentasi dan literatur yang berkaitan dengan pengembangan kurikulum, sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif dan pendekatan kualitatif . Teknik pengumpulan data dengan menggunakan interviu (wawancara) dan dokumentasi, sedangkan analisis data disajikan dalam bentuk kata-kata bukan angka yang mengacu pada reduksi data atau displai data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah guru-guru di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Hidayatul Ma’arifiyah Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan belum semua memenuhi kulaitatif akademik untuk satuan pendidikan tingkat madrasah, yakni telah menyelesaikan sarjana pendidikan (S1), yang sudah sesuai dengan kualifikasi akademik ada 12 orang (57,13 %), yang belum sesuai dengan mata pelajaran yang diasuh sebanyak 9 orang (42,86%). Semua guru-guru tersebut terlibat dalam mengembangkan kurikulum Pokok pembahasan dalam penelitian ini difokuskan kepada konsep-konsep pengembangan kurikulum yang meliputi prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dan asas-asas pengembangan kurikulum. Prinsip pengembangan kurikulum terdiri dari berorientasi pada tujuan, relevansi, efisien dan efektif, fleksibel (keluwesan), berkesinambungan (kontinuitas), terpadu, bermutu, serta berdasaskan falsafah bangsa, psikologis dan sosiologis. Serta implementasi pengembangan kurikulum terdiri dari program tahunan, proggram semester, silabus, RPP dan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:44
Last Modified: 09 Sep 2016 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2543

Actions (login required)

View Item View Item