Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWASMP NEGERI 2 KAMPAR

NURHALIMAH, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWASMP NEGERI 2 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
NURHALIMAH.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhalimah, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 kampar. Permasalahan dalam pembahasan ini adalah kemampuan Komunikasi matematis siswa rendah, hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Tutor Sebaya dan siswa yang mengikuti model pembelajaran yang diterapkan oleh guru jika ditinjau dari kemandirian belajar pada siswa SMP Negeri 2 Kampar. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 kampar dengan sampel penelitian siswa kelas VII.a sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII.b sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Tutor Sebaya dan siswa yang mengikuti model pembelajaran yang diterapkan pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah; 3) Tidak terdapat interaksi model Tutor Sebaya dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Tutor Sebaya, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:20
Last Modified: 23 Jan 2020 02:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25400

Actions (login required)

View Item View Item