Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.) secara Hidroponik pada Berbagai Konsentrasi Larutan AB Mix dan Media Tanam Organik

Dewi Purritasari Novianingrum, - (2019) Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.) secara Hidroponik pada Berbagai Konsentrasi Larutan AB Mix dan Media Tanam Organik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FULL.pdf

Download (17MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Mentimun merupakan tanaman hortikultura yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, posfor, zat besi, vitamin B dan vitamin C. Produksi mentimun belum memenuhi kebutuhan masyarakat, dikarenakan semakin sempitnya lahan produktif khususnya di daerah perkotaan dan tentunya menuntut adanya suatu cara untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan terbatas tersebut agar tetap produktif, salah satunya budidaya tanaman dengan hidroponik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari konsentrasi larutan AB Mix dan media tanam organik serta interaksi yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun secara hidroponik. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2019 di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) yang terdiri dari 2 faktor dan 4 ulangan. Faktor pertama adalah konsentrasi larutan AB Mix taraf: 50%, 100% dan 150%. Faktor kedua adalah media tanam organik: cocopeat, batang pakis, arang sekam dan sekam padi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi beberapa konsentrasi larutan AB Mix dan media tanam organik berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter. Penggunaan larutan AB Mix taraf 50% meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman, diameter batang, bobot buah perbuah, bobot buah pertanaman, panjang buah dan diameter buah. Penggunaan media tanam cocopeat, batang pakis dan arang sekam mampu meningkatkan semua parameter pengamatan karena memiliki respon yang sama. Kata kunci: Nutrisi AB Mix, Media Tanam Organik, Hidroponik, Mentimun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 23 Jan 2020 06:53
Last Modified: 23 Jan 2020 06:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25387

Actions (login required)

View Item View Item