KONSEP MANUSIA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG

AMRI, (2013) KONSEP MANUSIA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201339PAI.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Eksistensi manusia, kedudukan dan fungsinya sebagai subjek dan objek pendidikan menurut Hasan Langgulung berbeda dengan konsep yang diperkenalkan dunia pendidikan Barat sehingga sangat menarik untuk dikaji lebih mendalam. Jika dikaitkan dengan persoalan krisis kemanusiaan dan pendidikan dewasa ini akan ditemukan suatu solusi alternatif dalam memecahkan permasalahan pendidikan Islam, di mana Hasan Langgulung memiliki latar belakang yang luas dalam bidang pendidikan. Tesis ini berjudul : KONSEP MANUSIA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG. Rumusan masalah : (1) Bagaimana konsep manusia menurut Hasan Langgulung? dan (2) Bagaimana relevansi konsep manusia menurut Hasan Langgulung terhadap Pendidikan Islam? Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research), karena data yang diteliti dari khazanah kepustakaan berupa naskahnaskah, buku-buku atau majalah-majalah, yang bersumber dari karya Hasan Langgulung yang terdiri dari : (1) Manusia dan Pendidikan; Suatu Analisa Antara Psikologi dan Pendidikan, (2) Azas-azas Pendidikan Islam, (3) Pendidikan dan Peradaban Islam. Analisis data dilakukan secara dekriptif analisis, kemudian penulis menggunakan pola berfikir deduktif, induktif dan komperatif. Hasil Penelitian : Konsep manusia menurut Hasan Langgulung ; Menurutnya, manusia pada hakikatnya diciptakan untuk mengembang tugas-tugas pengabdian kepada Penciptanya. Agar tugas dimaksud dapat dilaksanakan dengan baik, maka Sang Pencipta telah menganugrahkan kepada manusia seperangkat potensi yang dapat ditumbuh kembangkan, yang hanya mungkin berkembang secara optimal melalui bimbingan dan arahan yang sejalan dengan petunjuk Sang Penciptanya. Tujuan penciptaan manusia dalam hubungannya dengan Pendidikan Islam, adalah : (1) agar manusia menjalankan fungsinya sebagai Khalifah, dan (2)agar manusia senantiasa mengabdi kepada Allah. Tujuan penciptaan manusia ini pada gilirannya akan bersinggungan dengan tujuan pendidikan Islam, sebab pendidikan pada dasarnya bertujuan memelihara kehidupan manusia. Potensi jasmani yang dimiliki manusia menurut Hasan Langgulung terlihat dari rupa, bentuk fisik yang bagus dan kelengkapan anggota tubuh untuk mempermudah melakukan aktivitasnya. Potensi ruhani terdiri dari fitrah, ruh, qalb dan akal. Relevansi konsep manusia menurut Hasan Langgulung terhadap pendidikan Islam ; relevansi konsep manusia menurut Langgulung terhadap pendidikan Islam dapat dilihat : (1) pengertian dan hakekat pendidikan Islam, (2) dasar dan tujuan pendidikan Islam, dan (3) kurikulum pendidikan Islam. Manusia sebagai objek pendidikan dapat dilihat dari tiga segi : (1) segi individu, (2)masyarakat, dan (3)individu dan masyarakat, atau sebagai interaksi antara individu dan masyarakat. Dari segi individu, ia memandang bahwa manusia di dunia ini mempunyai kemampuan yang bersifat umum, kemampuan melihat dan mendengar, berbedabeda sesuai derajat masing-masing. Dalam Pengertian ini Pendidikan didefinisikan sebagai proses penemuan dan pengembangan kemampuan yang mencakup : kecerdasan, pribadi, kreatifitas, dll. Pendidikan Islam mencakup : pengembangan potensi, pewarisan budaya, dan interaksi antara potensi dan budaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:43
Last Modified: 08 Sep 2016 06:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2537

Actions (login required)

View Item View Item