Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI I PANGKALAN KERINCI

ROSALINDA RAMADANIS (2013) MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI I PANGKALAN KERINCI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201338PAI.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini, dilatarbelakangi oleh adanya gejala-gejala bahwa prestasi dan kompetensi peserta didik dilembaga pendidikan pada mata pelajaran PAI saat ini umumnya belum menggembirakan. Indkasinya antara lain adalah rendahnya kejujuran, kerjasama, kasih saying, toleransi, dan sikap disiplin. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan manajemen pengembangan program Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen pengembangan program Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Penenlitian ini emrupakan penelitian lapangan yang difokuskan pada manajemen pengembangan program Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti melakukan analisa data dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu pengumpulan data (reduksi data), penyederhanaan data, pemaparan data/penyajian data, dan penarikan dan pengajuan simpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; Pertama, Pelaksanaan Manajemen Pengembangan Program Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci meliputi (1) Pengembangan Program Tujuan Pendidikan Agama Islam, dalam bentuk pengembangan visi, misi dan tujuan sekolah, (2) Pengembangan Program Peserta didik, dalam bentuk penegleompokan siswa dan pelaksanaan pengembangan program yang semula hanya pada kegiatan intrakurikuler dan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), maka dikembangkan menjadi beberapa kegiatan PAI. (3) Pengembangan Program Tenaga Pendidikan Agama Islam, dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang menunjang peningkatan pengetahuan guru terhadap Agama Islam. (4) Pengembangan Program materi/Kurikulum, dalam bentuk penjabaran terhadap materi PAI dalam kurikulum ke dalam kegiatan keagamaan siswa. (5) Pengembangan Program Sarana dan Prasarana Pendidikan Agama Islam. Kedua, faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Manajemen Pengembangan Program Pendidikan Agama Islam diantaranya adalah Faktor personal / individual, Faktor kepemimpinan, dan faktor tim.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:43
Last Modified: 09 Sep 2016 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2536

Actions (login required)

View Item View Item