Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP/MTs

IRA MAISYAH LUBIS, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
SKRIPSI IRA MAISYAH LUBIS.pdf

Download (36MB)

Abstract

ABSTRAK Ira Maisyah Lubis, (2019) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Scaffolding dengan siswa yang diterapkan pembelajaran langsung. 2) Ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Factorial Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII putri MTsN 1 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Scaffolding dengan siswa yang diterapkan pembelajaran langsung. 2) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci : Scaffolding, Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:31
Last Modified: 29 Jan 2020 06:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25359

Actions (login required)

View Item View Item