IRA MAISYAH LUBIS, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
|
Text
SKRIPSI IRA MAISYAH LUBIS.pdf Download (36MB) |
Abstract
ABSTRAK Ira Maisyah Lubis, (2019) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Scaffolding dengan siswa yang diterapkan pembelajaran langsung. 2) Ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Factorial Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII putri MTsN 1 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Scaffolding dengan siswa yang diterapkan pembelajaran langsung. 2) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci : Scaffolding, Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 06:31 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 06:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25359 |
Actions (login required)
View Item |