PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA

SUHARTINI, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] Text
SKRIPSI SUHARTINI.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Suhartini, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Farmasi Ikasari Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI 6 Farmasi sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 2 Farmasi sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis, angket self efficacy serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media geogebra dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, self efficacy sedang, dan self efficacy rendah (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran langsung berbantuan media geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self efficacy siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Geogebra, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:14
Last Modified: 22 Jan 2020 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25352

Actions (login required)

View Item View Item