Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMPN 2 BANGKINANG KOTA

ANGGUN CHICI CAHYATI. M, 11515200169 (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMPN 2 BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ANGGUN.pdf

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK Anggun Chici Cahyati.M, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMPN 2 Bangkinang Kota. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis yang terdapat pada siswa SMPN 2 Bangkinang Kota. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan open ended dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning jika berdasarkan self efficacy siswa, serta melihat ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian factorial experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah kelas VIII.1 dan VIII.2 dengan menggunakan cluster random. Teknik pengumpulan data beserta instrumen penelitian adalah tes berupa soal posttest kemampuan pemahaman konsep matematis, angket berupa lembar angket self efficacy, observasi berupa lembar observasi dan dokumentasi berupa foto dan profil sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan open ended dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan pendekatan pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Open Ended, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Efficacy, Factorial Experimental Design.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:00
Last Modified: 22 Jan 2020 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25349

Actions (login required)

View Item View Item