Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK SMP/MTS

DELVI INDRIANI, 11515202230 (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
SKRIPSI DELVI INDRIANI.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Delvi Indriani, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self Regulated Learning Peserta Didik SMP/MTs. Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model creative problem solving dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran saintifik jika berdasarkan self regulated learning peserta didik, dan ada tidaknya interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial experiment design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Mandau, dengan sampel kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Pengumpulan data berupa angket self regulated learning dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan model creative problem solving dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran saintifik. 2) terdapat perbedaaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memiliki self regulated learning tinggi, sedang dan rendah, dan 3) tidak terdapat interaksi penerapan model pembelajaran dengan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Regulated Learning Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jan 2020 08:19
Last Modified: 21 Jan 2020 08:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25338

Actions (login required)

View Item View Item