Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 PEKANBARU

ELISA KURNIATI AMIN, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
ELISA.pdf

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Eliza Kurniati Amin, (2019): Pengaruh Penerepan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik SMA Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis matematis peserta didik SMA dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis matematis peserta didik, kemudian ada atau tidaknya pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan berfikir kritis matematis peserta didik, serta ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematis terhadap kemampuan berfikir kritis matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan adalah factorial experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Pekanbaru, dengan sampel kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Pengumpulan data berupa angket disposisi matematis dan soal tes kemampuan berfikir kritis matematis yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dan teknik tes. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis matematis peserta didik; 2) terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan berfikir kritis matematis peserta didik; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematis terhadap kemampuan berfikir kitis matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berfikir Kritis Matematis, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jan 2020 08:23
Last Modified: 21 Jan 2020 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25337

Actions (login required)

View Item View Item