Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER TOLERANSI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU

KHAIRY AULIA, - (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER TOLERANSI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FILE SKRIPSI FULL TNPA BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
8. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)

Abstract

ABSTRAK Khairy Aulia, (2019) : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Toleransi pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter toleransi pada siswa dan apa faktor pendukung atau penghambat dalam menanamkan karakter toleransi pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari satu variabel, yaitu strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter toleransi pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bidang studi Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang dan objek penelitian ini adalah strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter toleransi pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru yang berjumlah 3 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah P = F/N x 100% Berdasarkan penyajian dan analisis data penulis dapat menyimpulkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter toleransi pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru memiliki nilai 80,5% dan dibulatkan menjadi 81% berada pada rentang 81%- 100% dengan kategori “Sangat Baik”, dan faktor pendukung yang mempengaruhinya adalah peran kepala sekolah, kurikulum, partisipasi warga sekolah, sarana dan prasarana serta lingkungan. Hal ini menunjukkan bahwa 81% karakter toleransi siswa dipengaruhi oleh penanaman karakter oleh guru Pendidikan Agama Islam sedangkan 19% dipengaruhi oleh hal lainnya. Kata Kunci: Strategi, Karakter Toleransi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2020 01:43
Last Modified: 22 Jan 2020 01:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25331

Actions (login required)

View Item View Item