PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN DI PONDOK PESANTREN AL-MUHSININ ROKAN HILIR

JOHANSYAH, (2013) PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN DI PONDOK PESANTREN AL-MUHSININ ROKAN HILIR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201332PAI.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pondokan pesantren ditentukan oleh manajemen pondok pesantren itu sendiri, dengan adanya perencanaan, pengorganisasia, pelaksanaan da pengawasan merupakan keberhasilan pondok pesantren itu harus berjalan secara efektif dan efesien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pelaksanaan fungsi manajemen di pondok pesantren al-muhsinin Rohil dan apa saja faktorfaktor yang mempengaruhi Pelaksanaan fungsi manajemen di pondok pesantren al-muhsinin Rohil. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan pengkajian dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display dan pengan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan fungsi manajemen di pondok pesantren al-muhsinin Rohil Berjalan mealui beberapa hal yaitu, a) planning (perencanaan) pada tahap perencanaan sudah berjalan sesuai dengan manajemen, hal ini bisa dilihat dari adanya strategi perencanaan program yang dibuat di pesantren itu sendiri diantaranya program jangka pendek, menengah dan panjang, b) Organising (pengorganisasian) pada tahap ini pun sudah berjalan sesuai dengan fungsi manajemen itu sendiri hal ini bisa dilihat dari pembagian program dan pemilihan program tersebut. C) actuating (pelaksanaan) pada tahap pelaksanaan program kegiatan pesantren kurang berjalan dengan baik hal ini dilihat dari adanya program-program yang tidak terealisasikan, d) Controling (pengawasan) pada tahap pengawasan ini pun kurang berjalan dengan baik, pengawasan program yang berjalan di pesantren tersebut belum dilakuakn dengan rutin. Faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan fungsi manajemen dibagi kepada bagian yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah faktor pendidik, pendanaan, dukungan dari orang tua murid, dukungan dari pimpinan pesantren dan adanya program pesantren. Sedangkan faktor penghambat yang terdiri dari faktor sarana dan prasaran, partisipasi masyarakat, pelaksanaan program, pengawasan dan kurang terjalinnya komunikasi antara pimpinan pesantren dengan kepala dan guru-guru pesantren almuhsinin.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:43
Last Modified: 08 Sep 2016 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2533

Actions (login required)

View Item View Item