Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SOFT SKILLS SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 13 PEKANBARU

MELDIANTI, - (2019) ANALISIS SOFT SKILLS SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 13 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MELDIANTI.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Meldianti (2019): Analisis Soft Skills Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soft skills siswa dalam pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru. Penelitian ini di latar belakangi oleh masih ada siswa yang tidak menghargai gurunya ketika menjelaskan pelajaran saat proses pembelajaran ekonomi, masih ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dan masih ada siswa yang tidak mampu menyampaikan pendapatnya mengenai pembelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru tahun pelajaran 2019-2020. Informan dalam penelitian ini yaitu informan kunci yang berjumlah 130 siswa kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Pengetahuan Alam dan informan tambahan 1 guru mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu di analisa dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa soft skills siswa dalam pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru berada pada kategori cukup baik yang berada diantara 41% - 60% pada tiga indikator soft skills siswa yaitu kecakapan mengenal diri 55,08%, kecakapan berpikir rasional 45,31%. Sedangkan kecakapan sosial 69,53% berada pada kategori baik. Soft skills siswa dalam bentuk kecakapan sosial cenderung lebih tinggi dibandingkan indikator lainnya. Kecakapan sosial ini berupa siswa menyampaikan pendapatnya secara lisan maupun tulisan, siswa bekerjasama dalam kegiatan diskusi kelompok, siswa bertanggungjawab untuk mengerjakan tugas dan siswa mengumpulkan tugas tepat waktu. Soft skills siswa dalam bentuk kecakapan berpikir rasional merupakan indikator yang terendah dibandingkan indikator lainnya. Kurangnya kecakapan berpikir rasional ini terbukti dari kurangnya kemampuan siswa dalam berpikir untuk memecahkan suatu permasalahan yang dihadapinya saat diberi tugas oleh gurunya. Kata Kunci : Soft Skills siswa, Pembelajaran Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:17
Last Modified: 21 Jan 2020 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25321

Actions (login required)

View Item View Item