Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penggunaan Terapi Wicara Kepada Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Anak Mandiri Pekanbaru

Zura’i, - (2020) Penggunaan Terapi Wicara Kepada Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Anak Mandiri Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Zura’i Nim : 11542104037 Judul : Penggunaan Terapi Wicara Kepada Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Anak Mandiri Pekanbaru “Penggunanaan terapi wicara yang dilakukan oleh terapis wicara pada hakikatnya merupakan bentuk dari perwujutan untuk meningkatkan komunikasi anak autis secara verbal maupun non-verbal dalam berkomunikasi. Begitu juga dengan terapis di SLB (Sekolah Luar Biasa) Anak Mandiri Pekanbaru yang telah diresmikan pada tanggal 15 Desember 2010 oleh Mentri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia hingga sekarang, oleh karena itu penulis melakukan penelitain yang berjudul “Penggunaan Terapi Wicara Kepada Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Anak Mandiri Pekanbaru” Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan terapi wicara yang dilakukan oleh terapis kepada anak yang berkebutuhan khusus terutama anak autis. Yang pada akhirnya anak autis bisa beradaptasi serta berkomunikasi dengan lingkungan masyarakat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif teknik dalam pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. landasan teori yang digunakan adalah penggunaan terapi wicara yang dapat digunakan sebagai alat terapi serta meningkatkan kemampuan anak autis dalam berkomunikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan terapi wicara dari tahap dan proses pentrapian menggunakan teknik terapi wicara verbal dan teknik non-verbal dalam proses teraupetik kepada anak autis dan dapat disimpulkan bahwa terapi wicara adalah hal yang penting dalam memfasilitasi anak autis dalam meningkatkan serta memaksimalkan kemampuan anak dalam berkomunikasi.” Kata kunci: Penggunaan terapi wicara, Terapis, Anak Autis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jan 2020 07:10
Last Modified: 21 Jan 2020 07:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25319

Actions (login required)

View Item View Item