WINDA FITRI YANI, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematis siswa SMAN 5 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Factorial Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 5 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, tes pengetahuan awal, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Anova Dua Arah. Dengan hasil analisis data menunjukkan bahwa: Untuk hipotesis 1 diperoleh F(B)hitung = 22,32 > F(A)tabel = 3,99 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara sisw yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model Osborn dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dengan skor rata-rata antara kelas berturut-turut 37,91 dan 33,58. Pada hipotesis 2 dan 3 hasil analisis data menunjukkan F(B)hitung = 6,23 > F(B)tabel = 3,14 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang dan rendah. Sedangkan untuk interaksi F(A x B)hitung = 1,56 < F(A x B)tabel = 3,14 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan pengetahuan awal matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Osborn, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pengetahuan Awal Matematatis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 02:19 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 02:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25304 |
Actions (login required)
View Item |