Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Penciptaan Suasana Islami Terhadap Pengamalan Agama Pada Siswa SMA SeKecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu

Wiadi Wijaya, (2017) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Penciptaan Suasana Islami Terhadap Pengamalan Agama Pada Siswa SMA SeKecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 2017149PAI-S2COVER.pdf

Download (260kB)
[img] Text
2. 2017149PAI-S2PENGESAHAN.pdf

Download (290kB)
[img] Text
3. 2017149PAI-S2 ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
4. 2017149PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf

Download (281kB)
[img] Text
6. 2017149PAI-S2BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
7. 2017149PAI-S2BAB II.pdf

Download (582kB)
[img] Text
8. 2017149PAI-S2BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
9. 2017149PAI-S2BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text
10. 2017149PAI-S2BAB V.pdf

Download (258kB)
[img] Text
11. 2017149PAI-S2DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan rendahnya pengamalan agama siswa SMA Se-Kecamatan Rengat. Padahal pembelajaran Pendidikan agama Islam dan penciptaan suasana Islam di sekolah sudah diupayakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yakni: (1)Apakah ada pengaruh yang signifikan pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pengamalan agama siswa; (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan penciptaan suasana Islami terhadap pengamalan agama siswa; dan (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan pembelajaran pendidikan agama Islam dan penciptaan suasana Islami secara bersama-sama terhadap pengamalan agama siswa SMA Se-Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu? Jenis penelitian ini adalah fiel research yaitu peneliti lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi sebanyak 1627 siswa dengan menarik sampel menggunakan rumus Slovin dengan presisi 10% yang berjulah 94 orang. Sampel diambil dengan teknik random sampling, yaitu penentuan sample secara acak. Teknik analisa data menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1)Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan agama siswa SMA Se-Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, sebab nilai probabilitas Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0.05); (2 ) Terdapat pengaruh yang signifikan penciptaan suasana islami di Sekolah terhadap pengamalan agama siswa SMA SeKecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, sebab sebab nilai probabilitas Sig. (2- tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0.05); dan (3 )Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran pendidikan agama Islam dan penciptaan suasana Islami di Sekolah secara bersama-sama terhadap pengamalan agama siswa SMA Se-Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, hal ini dikarenakan hasil Uji F ANOVA 0,000 lebih kecil dari 0,05. Persamaan garis regresinya adalah Persamaan garis regresinya adalah: Y = 31.803 + 0,267 (X1 ) + 0,255 (X2 ). Jika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (X1 ) dan Penciptaan Suasana Islami (X2 ) mengalami kenaikan 1%, maka Pengamalan Agama Siswa (Y ) akan mengalami peningkatan. Kemudian sumbangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Penciptaan Suasana Islami terhadap Pengamalan Agama Siswa sebesar 21,7%. Sedangkan sisanya sebesar 78,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:33
Last Modified: 20 Jan 2020 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25291

Actions (login required)

View Item View Item