SUPERVISI PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TANDUN UJUNGBATU

DESI NOKASARI, (2013) SUPERVISI PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TANDUN UJUNGBATU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201319MPI.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Sari, Noka, Desi. 2012. Supervisi Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tandun Ujungbatu. Kata-kata kunci: Kepala sekolah, supervisi pendidikan. Kepala sekolah selaku pimpinan lembaga pendidikan, mempunyai peran sentral dalam pengembangan lembaga pendidikan. Hal mendasar yang harus dilakukan dalam menghasilkan out put yang berkualitas adalah dengan memberikan pelayanan pengajaran dan pendidikan dengan profesional. Maka dari itu, peran kepala sekolah sebagai supervisor harus mampu mengembangkan dan memberikan motivasi kepada para guru dan karyawan agar pelaksanaan proses belajar dan mengajar dapat berjalan dengan baik. Fokus penelitian ini tertuju pada 3 hal, yaitu: a) Bagaimana model-model supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah; b)Bagaimana proses/teknik supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah; dan c) Apa kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi. Untuk menjawab fokus penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Dengan rancangan ini, peneliti berharap keutuhan fenomena yang terjadi pada lembaga pendidikan tersebut dapat dipertahankan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi, a) observasi partisipan; b) wawancara mendalam; dan c) dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga teknik pengumpulan data tersebut dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota. Sedangkan kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability) dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor. Penemuan peneliti menunjukan bahwa: 1) model-model supervisi oleh kepala sekolah menggunakan model supervisi klinis dan supervisi akademik sebagai model yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi; 2) proses/teknik superivsi yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu kunjungan kelas, rapat rutin (berkelompok) dan pertemuan face to face (individu) dalam proses pelaksanaan supervisi; 3) kendala kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pendidikan yaitu: a) kendala dari guru yang jarang hadir dalam pelaksanaan rapat rutin. b) kesibukan dinas kepala sekolah di luar sekolah, misalnya sering rapat dengan Diknas, dll sehingga dapat menghambat program supervisi yang telah ditentukan. c) kendala pendanaan yang menghambat dalam peningkatan kualitas guru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:42
Last Modified: 08 Sep 2016 06:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2529

Actions (login required)

View Item View Item