OPTIMASI WAKTU PERENDAMAN DAN BEBERAPA KONSENTRASI EKSTRAK BAWANG MERAH TERHADAP KEBERHASILAN SETEK TANAMAN MAWAR (Rosa Sp.)

Syafaruddin, - (2019) OPTIMASI WAKTU PERENDAMAN DAN BEBERAPA KONSENTRASI EKSTRAK BAWANG MERAH TERHADAP KEBERHASILAN SETEK TANAMAN MAWAR (Rosa Sp.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FULL.pdf

Download (13MB)
[img] Text (bab iv)
18. BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

OPTIMASI WAKTU PERENDAMAN DAN BEBERAPA KONSENTRASI EKSTRAK BAWANG MERAH TERHADAP KEBERHASILAN SETEK TANAMAN MAWAR (Rosa Sp.) Syafaruddin (11482102547) Dibawah bimbingan Novita Hera dan Robbana Saragih INTISARI Bibit tanaman mawar yang berkualitas baik dapat diperoleh melalui perbanyakan dengan menggunakan setek. Salah satu zat pengatur tumbuh alami yang dapat digunakan dalam perbanyakan stek adalah perasan bawang merah, karena bawang merah mengandung zat pengatur tumbuh yang mempunyai peranan mirip Asam Indol Asetat (IAA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi ekstrak bawang merah terhadap pertumbuhan akar stek mawar dan mengetahui konsentrasi ekstrak bawang merah yang dapat menghasilkan pertumbuhan akar stek mawar paling baik. Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan percobaan fakultas pertanian dan peternakan UIN suka riau pada bulan Desember 2018 - Februari 2019. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah konsentrasi ekstrak bawang merah (0%, 30%, 60%, 90%) dan faktor kedua yaitu lama waktu perendaman (0 menit, 10 menit, 20 menit). Parameter yang diamati adalah waktu muncul tunas pertama, panjang akar, panjang daun, jumlah daun dan persentase setek hidup. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian konsentrasi ekstrak bawang merah 30% meberikan nilai terbaik untuk parameter jumlah daun (10,77) helai dan konsentrasi 90% memberikan nilai terbaik untuk parameter panjang akar (11,8cm). Lama waktu perendaman ekstrak bawang merah 20 menit memberikan hasil terbaik terhadap para meter jumlah daun , panjang daun dan panjang akar. Kata kunci: Ekstrak bawang merah, konsentrasi tanaman mawar, perendaman, Zpt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 20 Jan 2020 06:48
Last Modified: 20 Jan 2020 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25278

Actions (login required)

View Item View Item