Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self-efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru

Syifa Yasmin, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self-efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA YASMIN.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Syifa Yasmin, (2019): Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self-efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model Quantum Teaching berdasarkan Self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 17 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol yang diambil secara cluster sampling, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan angket. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pretest dan posttest yang dilakukan untuk tes kemampuan pemahaman konsep matematis, lembar observasi digunakan untuk melihat apakah berjalannya model Quantum teaching pada saat belajar mengajar dan angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket Self-efficacy siswa. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan anova dua arah dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran model Quantum Teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki self-efficacy tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan Self-efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:22
Last Modified: 20 Jan 2020 04:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25263

Actions (login required)

View Item View Item