PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (DAYA JUANG) SISWA SMP

Yusi Dalti, - (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (DAYA JUANG) SISWA SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] Text
YUSI DALTI.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Yusi Dalti, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Adversity Quotient (Daya Juang) Siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 20 Pekanbaru yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan belajar menggunakan pembelajaran konvensional, apakah terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa SMP Negeri 20 Pekanbaru yang memiliki daya juang tinggi, sedang, dan rendah, apakah terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan koneksi matematis berdasarkan adversity quotient (daya juang) siswa SMP Negeri 20 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain The Randomized Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal postest kemampuan koneksi matematis, angket adversity quotient (daya juang), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki daya juang tinggi, sedang dan rendah di SMP Negeri 20 Pekanbaru; 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan adversity quotient (daya juang) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Koneksi Matematis, Adversity Quotient (Daya Juang).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:02
Last Modified: 20 Jan 2020 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25261

Actions (login required)

View Item View Item