KOMPETENSI GURU DALAM TEKNIK PEMBERIAN SKOR HASIL TES DAN PENGOLAHANNYA UNTUK MENENTUKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA DI MA AL-IKHWAN PEKANBARU

Mirwan, (2013) KOMPETENSI GURU DALAM TEKNIK PEMBERIAN SKOR HASIL TES DAN PENGOLAHANNYA UNTUK MENENTUKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA DI MA AL-IKHWAN PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201314PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bagian dari proses yang akan ditempuh oleh seorang pendidik dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang guru adalah evaluasi hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar akan ditemukan pula kegiatan memberikan skor hasil tes dan pengolahannya untuk menentukan ketuntasan belajar siswa. Dalam hal ini seorang pendidik dituntut mampu dan kompeten sehingga dari evaluasi yang dilakukan benarbenar dapat menggambarkan apa yang ada pada kenyataan dan tidak ada siswa yang dirugikan karena ketidakpahaman guru dalam teknik memberikan skor hasil tes dan pengolahannya. Maka tidak dipungkiri bahwa prosedur-prosedur dan teknik-teknik dalam memberikan skor hasil dan pengolahannya adalah hal penting dalam evaluasi hasil belajar. Teknik dan prosedur memberikan skor hasil tes dan pengolahannya untuk menentukan ketuntasan belajar siswa telah diatur dalam kajian evaluasi. Apabila guru tidak memahami teknik-teknik tersebut akan mengakibatkan tidak akuratnya hasil evaluasi yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam teknik pemberian skor hasil tes dan teknik pengolahan skor hasil tes menjadi nilai untuk menentukan ketuntasan belajar siswa di Madrasah Aliyah al-Ikhwan Pekanbaru. Berdasarkan hal di atas, pembahasan tesis ini adalah tentang kompetensi guru dalam teknik pemberian skor hasil tes dan pengolahannya untuk menentukan ketuntasan belajar siswa di madrsah aliyah al-Ikhwan Pekanbaru. Adapun yang menjadi masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru dalam teknik pemberian skor hasil dan pengolahannya untuk menentukan ketuntasan belajar siswa di madrasah aliuah al-Ikhwan Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru dalam teknik pemberian skor hasil tes dan pengolahannya untuk menentukan ketuntasan belajar siswa di madrasah aliyah al-Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif analisis dengan menggunakan instrumen kuesioner (angket) dan observasi. Dari penelitian yang dilakukan terhadap 20 (dua puluh) orang guru di madrsah aliyah al-Ikhwan Pekanbaru penulis melakukan analisis data yang merupakan bagian penting dalam metode ilmiah untuk menjawab masalah penelitian ini. Setelah menganalisa data, penulis memberikan kesimpulan bahwa kompetensi guru dalam teknik pemberian skor hasil tes dan pengolahannya untuk menentukan ketuntasan belajar siswa di madrasah aliyah al-Ikhwan Pekanbaru adalah pada kategori “sedang/cukup”, ini dihasilkan melalaui pengolahan dan analisis data yang prosentasenya mencapai 69,81 % dari guru-guru di madrasah aliyah al-Ikhwan Pekanbaru telah kompeten dalam teknik pemberian skor hasil tes dan pengolahannya untuk menentukan ketuntasan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:40
Last Modified: 09 Sep 2016 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2526

Actions (login required)

View Item View Item