ANALISIS WASTE PADA ALIRAN PROSES PRODUKSI VULKANISIR BAN MENGGUNAKAN LEAN MANUFACTURING DAN VALUE STREAM MAPPING (VSM) DI CV. BOLA MAS

AYUB SETIAWAN, - (2020) ANALISIS WASTE PADA ALIRAN PROSES PRODUKSI VULKANISIR BAN MENGGUNAKAN LEAN MANUFACTURING DAN VALUE STREAM MAPPING (VSM) DI CV. BOLA MAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
LAPORAN TUGAS AKHIR AYUB.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
18. BAB IV AYUB.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)

Abstract

ANALISIS WASTE PADA ALIRAN PROSES PRODUKSI VULKANISIR BAN MENGGUNAKAN LEAN MANUFACTURING DAN VALUE STREAM MAPPING (VSM) DI CV. BOLA MAS AYUB SETIAWAN 11352103690 Tanggal Sidang : 31 Desember 2019 Periode Wisuda : Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK CV. Bola Mas merupakan perusahaan vulkanisir ban di Pekanbaru yang melakukan proses daur ulang ban bekas mengalami permasalahan pemborosan waktu dan transportasi dilantai produksinya. Tujuan penelitian ini adalah memberikan usulan perbaikan untuk mengurangi pemborosan pada lantai produksi dengan mengidentifikasi pemborosan tersebut dan memanfaatkan penerapan Lean Manufacturing dan Value Stream Mapping (VSM). Pengolahan data dilakukan dengan membuat Current State Map dengan menghitung waktu standar proses, kapasitas produksi dan work in process. Kemudian dilanjutkan dengan membuat door to door flow dan peramalan menggunakan time series. Berdasarkan hasil penelitian teridentifikasi 2 jenis pemborosan yang terdapat di lantai produksi, yaitu: waiting time dan transportation. Hasil penelitian memerlukan 3 usulan perbaikan yaitu: pengaturan ulang tata letak fasilitas pabrik berdasarkan urutan proses produksi (product layout), penambahan material handling berupa handtruck dilantai produksi dan penambahan 1 unit mesin serta operator pada stasiun skiving. Kata kunci: Lean Manufacturing, Value Stream Mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:39
Last Modified: 20 Jan 2020 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25250

Actions (login required)

View Item View Item