Vonie Shela, - (2020) PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 192 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI VONIE SHELA.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Vonie Shela, (2019 ): Pelaksanaan Program Literasi di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekanbaru. Maraknya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang digalakkan pemerintah saat ini menarik minat untuk melakukan penelitian tentang pelaksanaan program literasi di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekanbaru pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan program literasi yang dilaksanakan sekolah serta kendala yang dihadapinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, dimana data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi yang diterapkan di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekanbaru berdasarkan waktu pelaksanaannya ada dua macam, yakni harian dan mingguan. Kegiatan literasi harian adalah membaca senyap dan membaca 15 menit sebelum belajar, sedangkan kegiatan literasi mingguan adalah selasa literasi yaitu penampilan atau pajangan karya siswa terkait literasi dan rabu literasi berupa pencerahan, motivasi, keteladanan dari guru, tokoh, atau duta literasi. Adapun kendala dari pelaksanaan program literasi di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekanbaru adalah terkait sarana dan prasarana penunjang kegiatan literasi dan masalah partisipasi sebahagian guru dan keaktifan sebahagian kelas. Kata Kunci : Pelaksanaan, Program Literasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 02:50 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 02:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25242 |
Actions (login required)
View Item |