Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KELEKATAN DENGAN KEMANDIRIAN REMAJA YANG DIBESARKAN OLEH ORANGTUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) DI KECAMATAN KUANTAN MUDIK

FITRI ANDANI, - (2019) HUBUNGAN KELEKATAN DENGAN KEMANDIRIAN REMAJA YANG DIBESARKAN OLEH ORANGTUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) DI KECAMATAN KUANTAN MUDIK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
FITRI ANDANI.pdf

Download (25MB)

Abstract

DIBESARKAN OLEH ORANGTUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) DI KECAMATAN KUANTAN MUDIK Oleh Fitri Andani Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Abstrak Pada masa remaja terdapat beberapa tugas perkembangan yang harus dihadapi, salah satunya adalah perkembangan kemandirian. Peran orangtua tidak terlepas pada pembentukan kemandirian remaja karena adanya suatu hubungan emosional antara remaja dan orangtua. Hubungan emosional yang bertahan dalam jangka waktu yang lama ini disebut dengan kelekatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kelekatan dengan kemandirian remaja yang dibesarkan oleh orangtua tunggal (single parent) sebanyak 45 orang siswa. Data penelitian ini, diperoleh dengan menggunakan skala psikologi, yaitu skala kemandirian dan skala kelekatan dengan setiap instrument memiliki empat alternatif jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara kelekatan dengan kemandirian pada remaja yang di besarkan oleh orangtua tunggal dengan (r) sebesar 0,506 dengan signifikasi 0,000 (p ≤ 0,05). Artinya semakin tinggi kelekatan remaja dengan orangtua maka semakin tinggi pula kemandirian remaja yang dibesarkan oleh orangtua tunggal di kecamatan Kuantan mudik. Kata kunci: Kelekatan, Kemandirian, Remaja dibesarkan oleh single parent. .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:04
Last Modified: 20 Jan 2020 02:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25236

Actions (login required)

View Item View Item