Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL-FATIH SUNGAI SIBAM PEKANBARU

DIAN EKA PRATIWI, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL-FATIH SUNGAI SIBAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
15. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)

Abstract

ABSTRAK Dian Eka Pratiwi, (2019): Pengaruh Penerapan Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Al-Fatih Sungai Sibam Pekanbaru Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap kemampuan mengenal huruf anak yang belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan penerapan media kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media kartu bergambar terhadap kemampuan mengenal huruf anak kelompok B di RA Al-Fatih Sungai Sibam Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak dengan objeknya pengaruh media kartu bergambar terhadap kemampuan mengenal huruf anak kelompok B. Populasi penelitian ini berjumlah 20 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol dan B2 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver. 23. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan media kartu bergambar terhadap kemampuan mengenal huruf anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung = 42,818 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan media kartu bergambar dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan media kartu bergambar sebelum dan sesudah terhadap kemampuan mengenal huruf anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penerapan media kartu bergambar terhadap kemampuan mengenal huruf anak kelompok B di RA Al-Fatih Sungai Sibam Pekanbaru sebesar 88,70%. Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Huruf, Media Kartu Bergambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2020 04:42
Last Modified: 18 Jan 2020 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25219

Actions (login required)

View Item View Item