Anggi Desi Rukmana, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI ANGGI DESI RUKMANA.pdf Download (40MB) |
Abstract
ABSTRAK Anggi Desi Rukmana, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika berdasarkan self efficacy siswa, dan ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial eksperimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 151 siswa. Sampel diambil secara cluster random sampling adalah kelas VIII.1 yang berjumlah 25 siswa dan VIII.3 berjumlah 31 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah, angket self efficacy, dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, dan rendah, dan 3) Tidak terdapat interaksi penerapan model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy, Factorial Eksperimental Design
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 03:59 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 04:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25206 |
Actions (login required)
View Item |