Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

PUTRI SARIDA DEWI, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran discovery learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional berdasarkan self efficacy siswa SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian factorial eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling adalah kelas VIII.2 dan VIII.4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Instrumen pegumpulan data yang digunakan adalah soal prestest dan posttest kemampuan representasi matematis, angket self efficacy, dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika berdasarkan self efficacy tinggi, sedang dan rendah siswa, 3) Tidak terdapat interaksi pengaruh interaksi penerapan model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Model Pembelajaran discovery learning dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran matematika, khususnya untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis. Kata kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan Representasi Matematis, Self efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:30
Last Modified: 18 Jan 2020 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25204

Actions (login required)

View Item View Item