MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK MEMBUAT CATATAN DENGAN BIMBINGAN DALAM MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH DI KELAS VIII SMPN 4 PEKANBARU

Hj. Asmiati, (2011) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK MEMBUAT CATATAN DENGAN BIMBINGAN DALAM MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH DI KELAS VIII SMPN 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011163.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penggunaan teknik yang tepat sangat diperlukan tidak hanya agar tujuan pembelajaran tercapai akan tetapi juga yang lebih penting dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa proses pembelajaran tidak sesuatu beban akan tetapi sesuatu yang menyenangkan dan menjadi kebutuhan bagi kehidupannya. Permasalahan di lapangan (di sekolah-sekolah) menunjukan bahwa guru-guru masih banyak yang menggunakan metode ceramah saja dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga dengan demikian sebagian siswa kurang termotivasi secara baik dalam proses pembelajaran Begitu juga di kelas VIII SMPN 4 Pekanbaru, dalam pembelajaran iman kepada. kitab-kitab Allah, guru telah melakukan proses pembelajaran dengan baik yaitu: guru agama telah melakukan kegiatan mengajar sesuai dengan kurikulum, guru agama telah mengajar sesuai dengan b&u pelajaran pendidikan agama. Islam, guru agama telah mengajar dengan metode yang bervariasi, guru agama telah mengajar dengan menggunakan punishment. Namun demikian masih dijumpai siswa-siswa yang kurang motivasinya seperti gejala-gejala sebagai berikut: sebagian siswa ada yang berbicara sewaktu berlangsungnya proses belajar mengajar, sebagian siswa tidak memperhatikan guru dalam menerangkan pelajaran, sebagian siswa keluar masuk sewaktu berlangsungnya proses belajar mengajar Berdasarkan, penulis ingin menelitinya dengan judul: 'Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Melalui Teknik Membuat Catatan Dengan Bimbingan dalam Materi Iman kepada kitab-kitab Allah di Kelas VIII SMPN 4 Pekanbaru." Prosedur penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Berdasarkan basil penelitian tindakan kelas yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Motivasi siswa dalam pembelajaran iman kepadai kitab-kitab Allah melalui metode ceramah dan tanya jawab (sebelum tindakan kelas) di kelas VIII SMPN 4 Pekanbaru adalah tergolong tidak baik (36%.). Motivasi siswa dalam pembelajaran iman kepada kitab-kitab Allah melalui tindakan kelaq menggunakan teknik membuat catatan dengan bimbingan sampai pads simus keempat di kelas VIII SMPN 4 Pekanbaru tergolong baik (78%)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 08:03
Last Modified: 29 Dec 2015 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item