PENGARUH PENANAMAN IDEOLOGI PANCASILA DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KARAKTER SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 GAUNG ANAK SERKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

MUKHLIS, (2013) PENGARUH PENANAMAN IDEOLOGI PANCASILA DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KARAKTER SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 GAUNG ANAK SERKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201310PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia terdapat berbagai macam suku bangsa, adat istiadat hingga berbagai macam agama dan aliran kepercayaan. Pancasila adalah capaian demokrasi paling penting yang dihasilkan oleh para pendiri bangsa (founding fathers) Indonesia. Pancasila merupakan sebuah pandangan hidup Indonesia yang terbuka dan bersifat dinamis. Sifat keterbukaan Pancasila dapat dilihat pada muatan Pancasila yang merupakan perpaduan antara nilai-nilai keindonesiaan yang majemuk dan nilai-nilai yang bersifat universal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penanaman Ideologi Pancasila dan Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Siswa SMA Negeri 1 Gaung Anak Serka. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Gaung Anak Serka. Hipotesis penelitian ini berbunyi: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari Ideologi Pancasila terhadap Karakter Siswa SMA Negeri 1 Gaung Anak Serka; (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Siswa SMA Negeri 1 Gaung Anak Serka; (3)_terdapat pengaruh yang signifikan dari Penanaman Ideologi Pancasila dan Pendidikan Agama Islam secara bersama-sama terhadap Karakter Siswa SMA Negeri 1 Gaung Anak Serka. Populasi penelitian ini melibatkan seluruh siswa SMA Negeri 1 Gaung Anak Serka berjumlah 499 orang dengan teknik sampling random tanpa membedakan kelas dan strata sosial. Sebelum angket disebarkan terlebih dahulu diadakan uji validitas dan reabilitas. Hasil uji validitas menunjukkan sebagian item instrumen yang akan digunakan telah memenuhi syarat, sedangkan sebagian yang tidak memenuhi syarat dibuang atau diperbaiki. Uji reabilitas dengan rumus Alpha Cronbach’s menunjukkan ketiga variabel berada di atas 0,907 yang berarti instrumen tersebut reliabel. Setelah data dianalisis, maka disimpulkan: (1) terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara Penanaman Ideologi Pancasila dengan Karakter Siswa SMA Negeri 1 Gaung Anak Serka. Kekuatan korelasi antara kedua variabel tersebut adalah 0,916 dengan kontribusi sebesar 83,9%; (2) terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara Pendidikan Agama Islam dengan Karakter Siswa SMA Negeri 1 Gaung Anak Serka. Kekuatan korelasi antara kedua variabel tersebut adalah 0,755 dengan kontribusi sebesar 57,1 %; (3) terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara Penanaman Ideologi Pancasila dan Pendidikan Agama Islam secara bersama-sama dengan Karakter Siswa SMA Negeri 1 Gaung Anak Serka. Kekuatan korelasi antar semua variabel adalah 0,922 dengan kontribusi sebesar 85,0%. Berdasarkan kesimpulan di atas diketahui bahwa Penanaman Ideologi Pancasila dan Pendidikan Agama Islam sangat menentukan Karakter Siswa. Oleh karena itu perpaduan dari Penanaman Ideologi Pancasila mendukung Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Karakter Siswa. Hasil analisis penelitian ini mengungkapkan bahwa semakin meningkat Penanaman Ideologi Pancasila dan Pendidikan Agama Islam maka akan semakin meningkat pula Karakter Siswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:40
Last Modified: 09 Sep 2016 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2519

Actions (login required)

View Item View Item