Penerapan Strategi College Ball Untuk Meningkatkan Sikap Menghargai Pendapat pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Muatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Sella Hermalia, - (2020) Penerapan Strategi College Ball Untuk Meningkatkan Sikap Menghargai Pendapat pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Muatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Sella Hermalia,(2019): Penerapan Strategi College Ball Untuk Meningkatkan Sikap Menghargai Pendapat pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Muatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap menghargai pendapat siswa pada mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan melaluipenerapan strategi college ball KelasIV di sekolah dasar negeri 004 padang mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap menghargai pendapat siswa diantaranya, siswa kurang pendapat siswa lain, tidak fokus mendengarkan pendapat orang lain, merasa menang sendiri dan tidak menanggapi bila ditanya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi college ball dan sikap menghargai pendapat. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif denganpersentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa strategi college ball dapat meningkatkan sikap menghargai pendapat. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan sikap menghargai pendapat siswa hanya mencapai rata-rata persentase 54,4% dengan kategori Kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I sikap menghargai pendapat siswa mencapai 63,1% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II sikap menghargai pendapat siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 75,8% dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi college ball dapat meningkatkan sikap menghargai pendapat. Kata Kunci: Sikap Menghargai Pendapat, Strategi College Ball, Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jan 2020 08:12
Last Modified: 17 Jan 2020 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25188

Actions (login required)

View Item View Item