Suriani (2017) Relevansi Kompetensi Guru Menurut Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 2017137PAI-S2COVER.pdf Download (260kB) |
|
Text
2. 2017137PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (291kB) |
|
Text
3. 2017137PAI-S2ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text
4. 2017137PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (274kB) |
|
Text
5. 2017137PAI-S2DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
|
Text
6. 2017137PAI-S2BAB I.pdf Download (402kB) |
|
Text
7. 2017137PAI-S2BAB II.pdf Download (530kB) |
|
Text
8. 2017137PAI-S2BAB III.pdf Download (274kB) |
|
Text
11. 2017137PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
|
Text
9. 2017137PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
|
Text
10. 2017137PAI-S2BAB V.pdf Download (267kB) |
|
Text
11. 2017137PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
Abstract
Adapun yang melatarbelakangi kajian ini adalah Pendidikan merupakan usaha dalam proses meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Usaha dalam proses meningkatkan kualitas sumber daya tersebut, dapat berjalan dengan adanya komponen pendidikan yang saling berinteraksi salah satu diantaranya adalah guru. Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral dan utama. Adanya peristiwaperistiwa yang mengagambarkan bahwa guru saat ini masih ada yang belum mempunyai kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru secara mendalam, itu berarti kompetensi guru belum sesuai dengan apa yang telah dipaparkan dalam Undang-Undang No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang dalam hal ini mengenai kompetensi guru. Kompetensi merupakan hal mutlak yang harus dimilliki guru, karena guru mempunyai andil besar dalam proses pendidikan terutama dalam menggapai keberhasilan pendidikan. Salah seorang tokoh muslim yang telah memaparkan konsep kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kompetensi guru menurut az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim. Untuk mengetahui kompetensi-kompetensi guru menurut Undang-Undang No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Untuk mengetahui relevansi kompetensi guru menurut Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim alMuta’allim dengan Undang-Undang No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research ). Sumber primer dalam penelitian ini ialah kitab Ta’lim al-Muta’allim karya az-Zarnuji dan Undang-Undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan sumber sekundernya ialah tulisan dan penelitian yang mengenai kompetensi guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan model analisis data “Content Analysis”. Hasil penelitian ini adalah, menurut Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim alMuta’allim kompetensi guru antara lain Pertama, al-a‘lam (lebih alim ), kedua, lebih wara’, dan ketiga, al-asanna (lebih tua atau berpengalaman)dan keempat, santun, maka pemikiran az-Zarnuji tersebut masih relevan dengan kompetensi guru yang tercantum dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan dosen antara lain pertama, kompetensi pedagogik, kedua, kompetensi kepribadian, ketiga, kompetensi profesional dan keempat, kompetensi sosial.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 08:00 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 08:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25186 |
Actions (login required)
View Item |