Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KETERAMPILAN KOMUNIKASI VERBAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAHMENENGAH ATAS NEGERI3 PEKANBARU

KARTIKA FITRIANI, - (2020) KETERAMPILAN KOMUNIKASI VERBAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAHMENENGAH ATAS NEGERI3 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FILE SKRIPSI FULL TAMPA BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)

Abstract

ABSTRAK Kartika Fitriani, (2019): Keterampilan Komunikasi Verbal Guru Pendidikan Agama Islam pada Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan komunikasi verbal guru Pendidikan Agama Islam pada proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru. Maka adapun cara yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi verbal guru pada proses pembelajaran yaitu guru harus memiliki gaya bersahabat, jernih, penuh perhatian, bersemangat, santai, dramatis. Hal yang juga dapat dilakukan oleh guru yaitu dengan memperhatikan vocabulary (perbendaharaan kata-kata), racing (kecepatan), intonasi suara, humor, singkat dan jelas, timing. Dalam penelitian ini, instrument penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru Pendidikan Agama Islam, dengan menggunakan Purposive Sampling dan siswa kelas XI yang bejumlah 64 orang. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi tentang keterampilan komunikasi verbal guru Pendidikan Agama Islam pada proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru sudah Baik, dengan frekuensi 80% yang berada pada rentang 61-80%. Berdasarkan hasil penelitian melalui angket tentang keterampilan komunikasi verbal guru Pendidikan Agama Islam pada proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru sudah Baik, dengan frekuensi 79,68% yang berada pada rentang 61% - 80%. Faktor yang mempengaruhi keterampilan komunikasi verbal guru dalam menciptakan keterampilan komunikasi verbal pada proses pembelajaran yaitu: vocabulary (perbendaharaan kata-kata), racing (kecepatan), intonasi suara, humor, singkat dan jelas, timing. Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi Verbal Guru Pendidikan Agama Islam pada Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:41
Last Modified: 17 Jan 2020 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25182

Actions (login required)

View Item View Item