تحليل نحوي عن الجمل التي لا محل لها من الإعراب وأغراضها في سورة البقرة

Ghifar Ramadhan Fadly, - (2019) تحليل نحوي عن الجمل التي لا محل لها من الإعراب وأغراضها في سورة البقرة. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI GHIFAR BURNING.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ghifar Ramadhan Fadly (2019) : Analisis Nahwu tentang Jumlah yang Tidak Memiliki Mahal pada I’rab dan Tujuannya dalam Surah Al-Baqarah Penelitian ini berbentuk Penelitian Pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah-jumlah yang tidak memiliki mahal pada i’rab serta tujuannya dalam Surah Al-Baqarah. Karena banyak nya identifikasi masalah yang ditemukan oleh peneliti maka peneliti membatasinya pada jumlah yang tidak memiliki mahal pada i’rab dalam Surah Al-Baqarah dan tujuan dari jumlah ibtida’iyyah atau musta’nifah, jumlah mu’taridhah, dan jumlah Tafsiriyah. Adapun rumusan masalah adalah: Apa saja jumlah yang tidak memiliki mahal pada i’rab dalam Surah Al-Baqarah? Dan apa tujuannya?. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh ayat dalam Surah Al-Baqarah sebanyak 286 ayat dan sampelnya adalah sampel jenuh. Instrumen penlitian ini adalah dokumen resmi. Dari analisis data peneliti mendapatkan 226 ayat dalam surah Al-Baqarah yang terdapat jumlah yang tidak memiliki mahal pada i’rab. Jumlah Ibtida’iyyah atau musta’nifah terdapat 187 jumlah dengan tujuan yang berbeda-beda, diantaranya: memisahkan dari kalimat sebelumnya untuk memulai kalimat baru, menjelaskan hukum pada ayat tersebut, dan menjelaskan hikmah, Jumlah Mu’taridhah terdapat 5 jumlah dengan tujuan: menguatkan kalimat atau jumlah, Jumlah Tafsiriyah terdapat 6 jumlah, dengan tujuan: untuk menafsirkan kalimat sebelumnya dan memperlihatkan kebenarannya, Jumlah jawab al-qasm terdapat 3 jumlah, Jumlah jawab syarat ghairu jazim terdapat 48 jumlah, Jumlah jawab syarat jazim tanpa dibarengi fa’ dan Idzan fuja’iyyah terdapat 5 jumlah, jumlah Shilah al-maushul terdapat 240 jumlah, dan jumlah yang mengikut pada jumlah yang tidak memiliki mahal pada i’rab terdapat 35 jumlah. Kata Kunci: Analisis, Jumlah yang tidak memiliki mahal pada i’rab, Tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:54
Last Modified: 20 Jan 2020 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25181

Actions (login required)

View Item View Item