Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BENGKALIS

NURUL HIDAYAH, - (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI NURUL HIDAYAH.pdf

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Hidayah,(2019) : Pengembangan Lembar kerja Siswa (LKS) Berbasis Project Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Bengkafis. Permasalahan dalam penelitian ini kurangnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMPN 1 bengkalis, disebabkan oleh LKS yang difasilitasi masih bersifat umum dan belum dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, pembelajaran bersifat konvensional. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan Efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi pada kubus dan balok. Rumusan masalahnya adalah bagaimana tingkat validitas, kepraktisan dan efektifitas pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Project Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkalis.Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SNIP Negeri 1 Bengkalis. Sampel penelitian adalah kelas VIII C kelas eksperimen yang diterapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Project Based Learning serta kelas VIII D kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian adalah Lembar Kerja Siswa matematika berbasis Project Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas Lembar Kerja Siswa matematika berbasis Project Based Learning yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (83,50%) dan sangat praktis (87,66% untuk kelompok kecil dan 88,16% untuk kelompok besar). Sedangkan nilai thitung sebesar 2,694 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,02 maka thitung > tabel atau 2,694 > 2,02, sehingga ha diterima dan ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol, sehingga LKS tergolong dalam kategori efektif. Nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu kelas eksperimen memperoleh 14,72 dan kelas kontrol memperoleh 12,25. Kesimpulan penelitian yaitu menunjukkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Project Based Learning pada kategori valid, praktis, dan efektif, berkontribusi untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Project Based Learning (PjBL) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:40
Last Modified: 17 Jan 2020 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25169

Actions (login required)

View Item View Item