Pengaruh Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Matur Kabupaten Agam Sumatera Barat.

DINUL AKMAL, (2017) Pengaruh Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Matur Kabupaten Agam Sumatera Barat. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 2017134PAI-S2COVER.pdf

Download (357kB)
[img] Text
2. 2017134PAI-S2lembar pengesahan.pdf

Download (427kB)
[img] Text
3. 2017134PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf

Download (338kB)
[img] Text
4. 2017134PAI-S2DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB)
[img] Text
5. 2017134PAI-S2ABSTRAK BARU.pdf

Download (622kB)
[img] Text
6. 2017134PAI-S2bab_1_PERBAIKAN.pdf

Download (618kB)
[img] Text
7. 2017134PAI-S2BAB II. perbaikan.pdf

Download (881kB)
[img] Text
8. 2017134PAI-S2BAB III PERBAIKAN.pdf

Download (362kB)
[img] Text
9. 2017134PAI-S2BAB IV PERBAIKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text
10. 2017134PAI-S2BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
11. 2017134PAI-S2DAFTAR PUSTAKA Perbaikan.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Matur Kabupaten Agam; (2) Mengetahui Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Matur Kabupaten Agam; (3) Mengetahui Pengaruh Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Matur Kabupaten Agam Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa berjumlah 244. Sedangkan Sampel sebanyak 87 siswa diambil dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket berbentuk skalaliket. Instrument penelitian mempunyai nilai validitas dan reliabilitas yang sangat tinggi. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi sederhana dengan menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian pertama, analisa deskriptif menunjukkan bahwa Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau di MTs Se-Kecamatan Matur Kabupaten Agam dalam kategori sangat baik. Kedua, analisa deskriptif menunjukkan bahwa akhlak siswa di MTs Se-Kecamatan Matur Kabupaten Agam berada dalam kategori sangat baik. ketiga, terdapat pengaruh Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau terhadap pembentukan akhlak siswa di MTs Se-Kecamatan Matur Kabupaten Agam nilai signifikansi < 0,05 (0,028<0,05).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:08
Last Modified: 17 Jan 2020 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25164

Actions (login required)

View Item View Item