Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI GURU DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN BENGKALIS

ZULFAN IKHRAM (2013) PELAKSANAAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI GURU DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN BENGKALIS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201304PAI.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Zulfan Ikhram 2010, Pelaksanaan Pengelolaan Administrasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN Bengkalis. Administrasi guru adalah salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan pendidikan, karena pengelolaan guru adalah faktor strategis yang besar pengaruhnya bagi peningkatan mutu pendidikan. Yang menjadi masalah utama dalam penelitian ini adalah "apakah pelaksanaan administrasi guru di MAN Bengkalis sudah berjalan secara efektif? Berdasarkan penelitian pendahuluan diketahui terdapat gejala pengelolaan guru yang belum efektif, antara lain yang menonjol adalah dalam hal perencanaan, penempatan guru, tenaga guru yang terlalu berlebihan dan peningkatan kesejahteraan guru. Dalam kegiatan perencanaan, belum dibuat perencanaan penerimaan dan seleksi, perencanaan induksi, perencanaan kompensasi, perencanaan penilaian, perencanaan pengembangan, perencanaan mutasi dan perencanaan pemutusan hubungan kerja. Dalam kegiatan penempatan guru yang diluar bidang studi keahliannya, terutama bidang studi yang langka, pengembangan guru dan kurang mengacu pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Sedangkam dalam bidang kesejahteraan guru belum dirasakan peningkatan dari kondisi sebelumnya. Beranjak dari kondisi tersebut maka pertanyaan utama yang ingin dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana profil tenaga guru di MAN Bengkalis, 2) bagaimana keadaan lembaga pengelola administrasi guru dan 3) bagaimana efektifitas fungsi-fungsi administrasi guru di MAN Bengkalis, Kabupeten Bengkalis. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan beberapa teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Alasan penggunaan pendekatan kualitatif adalah karena pengamatan ini dilakukan terhadap perilaku manusia yang berinteraksi dalam proses pengelolaan admnistrasi guru, mulai dari pelaksanaan fungsi perencanaan sampai dengan pemutusan hubungan kerja. Dengan pendekatan ini pula penulis/peneliti bertindak sebagai instrumen utama penelitian dan terlibat dalam proses pengelolaan, sehingga memperoleh data dan informasi yang diperlukan dari sumber utama, baik dari bagian kepegawaian beserta instansi terkait sebagai pengelola maupun dari pada guru sebagai pegawai yang dikelola Berdasar temuan-temuan penelitian dan hasil pembahasannya disimpulkan bahwa profil tenaga guru di MAN Bengkalis, Kabupeten Bengkalis belum menggambarkan keadaan yang kondusif bagi peningkatan mutu pendidikan. Sedangkan pelaksanaan pengelolaan guru di MAN Bengkalis, Kabupeten Bengkalis belum sepenuhnya memenuhi kriteria efektivitas fungsi-fungsi pengelolaan guru. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka perlu dirumuskan sistem pengelolaan guru yang efektif, juga penataan kelembagaan, sehingga mendukung efektifitas pelaksanaan pengelolaan dan layanan guru yang akhirnya dapat meningkatkan mutu guru khususnya dan mutu pendidikan umumnya di MAN Bengkalis, Kabupeten Bengkalis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:39
Last Modified: 09 Sep 2016 07:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2515

Actions (login required)

View Item View Item