Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Modul Berbasis Model Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating and Transfering (REACT) untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menengah Pertama.

Masridoni Niarni, - (2020) Pengembangan Modul Berbasis Model Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating and Transfering (REACT) untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menengah Pertama. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Masridoni Niarni, (2019): Pengembangan Modul Berbasis Model Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating and Transfering (REACT) untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menengah Pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul berbasis Model Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating and Transfering (REACT) yang valid, praktis, dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran siswa kelas VII SMP Negeri 40 Pekanbaru setelah menggunakan bahan ajar modul berbasis model REACT. Pengembangan modul ini mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas modul matematika model pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating and Transfering (REACT) yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (83,61%) dan sangat praktis (93,18%) untuk kelompok kecil dan (90,93%) untuk kelompok besar). Sedangkan nilai t_hitung sebesar 2,002 dan nilai t_tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,99085 maka t_hitung>t_tabel atau 2,002>1,99085, sehingga H_a diterima dan H_0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan penalaran matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul matematika model pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating and Transfering (REACT) ini telah valid, praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Model Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, and Transfering (REACT), Kemampuan Penalaran Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:37
Last Modified: 17 Jan 2020 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25149

Actions (login required)

View Item View Item