Peran Kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pada Pilkada Serentak di Kabupaten Kampar Tahun 2017 Menurut Fiqih Siyasah

ILHAM GUSMI, - (2020) Peran Kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pada Pilkada Serentak di Kabupaten Kampar Tahun 2017 Menurut Fiqih Siyasah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi ini adalah “Peran Kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pada Pilkada Serentak di Kabupaten Kampar Tahun 2017 Menurut Fiqih Siyasah”. Pemilihan kepala daerah merupakan suatu wujud demokrasi yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah pusat guna mewujudkan pemerintah yang baik. Oleh karena itu berarti Pilkada bukan hanya melibatkan para pemilihnya yang akan memilih pilihannya dan melaksanakan hak pilihnya tersebut, tetapi perlunya masyarakat dalam pemilihan kepala daerah. Di mana Pilkada dijadikan sebagai wadah bagi masyarakat untuk belajar bagaimana demokrasi sesungguhnya dan bagaimana mewujudkan Pilkada yang baik bagi semua belah pihak, baik pasangan yang menang maupun pasangan yang kalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kampar dalam pemenangan calon Bupati dan wakil Bupati Pilkada serentak tahun 2017 dan bagaimana pandangan fiqih siyasah terhadap peran kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kampar dalam pemenangan calon Bupati dan wakil Bupati Pilkada serentak tahun 2017. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (fild risearch). Adapun lokasi penelitian adalah di kantor Dewan Pengurus Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Kabupaten Kampar yang beralamat Jl. Sudirman Nomor 48 Kelurahan Bangkinang Kota Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah kader Partai Persatuan pembangunan (PPP) Kabupaten Kampar yang menjadi pengurus di DPC PPP Kabupaten Kampar yang aktif dalam pemenangan calon saat Pilkada tahun 2017 yang berjumlah 58 orang, sedangkan sampel yang penulis gunakan sebanyak 10 orang dengan teknik random sampling (pengambilan sampel secara acak). Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang diambil dari DPC PPP Kabupatren Kampar yang dijadikan sebagai responden dan yang berhubungan penelitian ini, dan data sekunder, yaitu literatur yang berkaitan dengan pembahasan yang diteliti, yaitu berupa buku-buku ilmiah yang mendukung penelitian ini Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa peran kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kampar dalam pemenangan calon Bupati dan wakil Bupati Pilkada serentak tahun 2017 dilakukan dengan tiga tahap, yaitu : a) tahap penjaringan, b) tahap kampanye dan c) tahap pengawasan pemungutan suara. Sedangkan pandangan fiqih siyasah terhadap peran kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kampar dalam pemenangan calon Bupati dan wakil Bupati Pilkada serentak tahun 2017 tidak menyalahi aturan fiqih siyasah, karena peran yang dilakukan kader PPP merekrut calon dengan musyawarah, dan melihat kemampuan dari calon yang diusungnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:18
Last Modified: 17 Jan 2020 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25136

Actions (login required)

View Item View Item