Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISITIK MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP/MTS DI PEKANBARU.

Windi Gita Amalia, 1151200200 (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISITIK MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP/MTS DI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (37MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV hasil dan pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan pendekatan pembelajaran Realistik Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung berdasarkan Self Efficacy tinggi, sedang, dan rendah pada siswa SMP/Mts. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain penelitian factorial Eksperimental Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, terpilih kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu posttest yang dilakukan untuk tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket Self Efficacy. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran RME dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang memiliki Self efficacy belajar tinggi, sedang, dan rendah 3) Tidak terdapat interaksi pendekatan pembelajaran dan Self Efficacy siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Realistic Mathematics Education, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:37
Last Modified: 17 Jan 2020 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25121

Actions (login required)

View Item View Item