PROSEDUR PELAKSANAAN PEMBAYARAN SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN (SPP) MELALUI AKAD MUDHARABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PANGKALAN KERINCI

Nora Mustika, - (2019) PROSEDUR PELAKSANAAN PEMBAYARAN SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN (SPP) MELALUI AKAD MUDHARABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PANGKALAN KERINCI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)

Abstract

Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) adalah sejumlah biaya yang dibebankan kepada siswa atau mahasiswa untuk membantu lembaga pendidikan memperlancar proses belajar mengajar. Dalam pelaksanaan pembayaran SPP di PT Bank Syariah Mandiri KCP Pangkalan Kerinci masih terdapat kendala- kendala yang dihadapi sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini lebih lanjut dengan pokok masalah bagaimana prosedur pelaksanaan pembayaran SPP melalui akad mudharabah pada PT Bank Syariah Mandiri KCP Pangkalan Kerinci dan kendala-kendala yang dihadapi oleh PT Bank Syariah Mandiri KCP Pangkalan Kerinci. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan pembayaran SPP melalui akad mudharabah pada PT Bank Syariah Mandiri KCP Pangkalan Kerinci dan kendala-kendala yang dihadapi oleh PT Bank Syariah Mandiri KCP Pangkalan Kerinci dalam pembayaran SPP tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dilakukan di PT Bank Syariah Mandiri KCP Pangkalan Kerinci. Populasi dalam penelitian ini ada 3 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 3 orang karyawan bagian Micro Financing Sales, General Support Staf, dan Teller. Teknik yang digunakan adalah Total Sampling. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder, dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan prosedur pelaksanaan pembayaran SPP melalui akad mudharabah pada Bank Syariah Mandiri KCP Pangkalan Kerinci melakukan pembayaran dengan dua cara yaitu nasabah atau wali murid bisa datang langsung ke bank untuk melakukan pembayaran dan karyawan Bank Syariah Mandiri KCP Pangkalan Kerinci datang langsung ke sekolah untuk penerimaan pembayaran SPP di sekolah pada awal bulan dalam waktu dua hari yang ditentukan oleh pihak sekolah. Kendala yang dihadapi oleh Bank Syariah Mandiri KCP Pangkalan Kerinci dalam pembayaran SPP ialah kesulitan dalam menginput data siswa yang dikarenakan tidak mengisi slip secara lengkap, kesulitan dalam penerimaan pembayaran SPP di sekolah dikarenakan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Bank Syariah Mandiri KCP Pangkalan Kerinci, dan terhambatnya kerjasama antara mitra lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:25
Last Modified: 17 Jan 2020 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25103

Actions (login required)

View Item View Item