STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN BMT AL-ITTIHAD CABANG PANAM KOTA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH

ERMA YUSNITA, - (2020) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN BMT AL-ITTIHAD CABANG PANAM KOTA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
ERMA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Erma Yusnita (2019) : Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan BMT Al-Ittihad Cabang Panam Kota Pekanbaru dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Semakin bertambahnya perkembangan perekonomian di negara Indonesia saat ini menyebabkan setiap lembaga keuangan Syariah dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif karena semakin ketat tingkat persaingan bisnis maka dibutuhkan fungsi pemasaran yang baik, sehingga tujuan yang di harapkan oleh Lembaga Keuangan Syariah akan tercapai, karena pemasaran merupakan faktor utama yang penting dalam kelangsungan hidup Lembaga Keuangan tersebut. Dalam operasionalnya strategi pemasaran tidak hanya dibutuhkan oleh perbankan saja. Namun BMT sebagai lembaga keuangan mikro juga penting akan adanya strategi pemasaran yang dimiliki untuk kelangsungan hidup BMT. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi BMT Al-Ittihad Cabang Panam Kota Pekanbaru dalam melakukan strategi pemasaran yang dilakukan BMT Al-Ittihad pada produk pembiayaan dalam meningkatkan nasabah. Penelitian ini dilaksanakan di BMT Al-Ittihad Jl. Delima no. 138. Kel Delima Tampan Cabang Panam Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dilaksanakan di BMT Al-Ittihad Cabang Panam Kota Pekanbaru Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah Pimpinan, Karyawan BMT dan Nasabah. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi dan sampel pada penelitian ini terdiri dari 4 orang karyawan BMT sebagai populasi dan 2 orang sebagai sampel terdiri dari 1 orang pimpinan dan 1 orang karyawan marketing. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan metode penulisan deskriptif. Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis menemukan bahwa Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan yang diterapkan oleh BMT Al-Ittihad Cabang Panam kota Pekanbaru dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu dengan cara melakukan segmentasi targenting dan positioning dalam kegiatan pemasaran, BMT Al-Ittihad juga melakukan bauran pemasaran marketing mix. Dalam menerapkan bauran pemasaran, BMT Al-Ittihad memiliki beberapa strategi antara lain: Strategi Produk, Harga, Promosi dan Tempat. Adapun Kendala-kendala yang dihadapi pada Strategi Pemasaran BMT Al-Ittihad Cabang Panam Kota Pekanbaru dalam meningkatkan jumlah nasabah diantaranya adalah: 1) Kondisi perekonomian yang menurun, 2) minimnya permodalan, 3) promosi melalui media cetak dan media elektronik belum terlalu aktif, 4) Pengetahuan masyarakat masih minim tentang BMT, 5) Adanya lingkungan usaha yang bersaing, 6) serta tingkat persaingan tinggi antara lembaga keuangan sejenis dan lembaga keuangan konvensional lainnya, 7) dan Kurangnya Jaringan antar BMT. Kata Kunci : Strategi, Produk Pembiayaan, Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:23
Last Modified: 17 Jan 2020 02:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25098

Actions (login required)

View Item View Item