STRATEGI PEMASARAN PRODUK BTN BATARA HAJI DAN UMROH iB PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU

KAMILA, - (2019) STRATEGI PEMASARAN PRODUK BTN BATARA HAJI DAN UMROH iB PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
KAMILA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kamila (2019) : Strategi Pemasaran Produk BTN Batara Haji Dan Umroh iB Pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru Strategi pemasaran merupakan alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Dalam kegiatannya PT. BTN Syariah perlu memasarkan produk BTN Batara Haji dan Umroh iB dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat atau pun nasabah dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dan faktor pendukung dan penghambat produk tabungan BTN Batara Haji dan Umrah iB pada PT. BTN Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan di PT. BTN Kantor Cabang Syariah Pekanbaru yang beralamat di Jl. Arifin Ahmad, Sidomulyo Timur., Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. Pada penelitian ini memiliki populasi yang berjumlah 10 staff pemasaran pada PT. BTN Kantor Cabang Syariah Pekanbaru maka diambil sampel sebanyak 3 orang yang berhubungan langsung dengan permasalahan, yang terdiri dari 1 orang Consumer & Commercial Funding Unit Head, 1 orang Consumer Funding Sales dan 1 orang Service Quality Unit Head. Dalam pengambilan sampel penulis menggunakan Purposive Sampling. Analisis data dalam penelitian ini yaitu Deskriptif dan sumber data penelitian ini terdiri data primer dan sekunder dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian strategi pemasaran yang dilakukan PT. BTN Kantor Cabang Syariah Pekanbaru khususnya pada produk tabungan BTN Batara Haji dan Umroh iB yaitu dengan menggunakan strategi segmentation, targeting, positioning. Selain itu dengan mengembangkan marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari empat unsur yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Yang mana dengan menggunakan perumusan strategi pemasaran tersebut bertujuan untuk menarik dan mempertahankan loyalitas para nasabah. Sementara yang menjadi faktor pendukung produk tabungan BTN Batara Haji dan Umroh iB pada PT. BTN Kantor Cabang Syariah Pekanbaru yaitu masyarakat muslim, semua muslim memiliki niat untuk naik haji, prosedur pembukaan tabungan BTN Batara Haji dan Umroh iB tidak rumit, setoran awal ringan. Adapun yang menjadi faktor penghambat produk tabungan BTN Batara Haji dan Umroh iB pada PT. BTN Kantor Cabang Syariah Pekanbaru yaitu persaingan, kualitas karyawan yang belum paham terhadap produk-produk syariah sehingga perlu pelatihan-pelatihan agar karyawan dapat memahami bank syariah tersebut, masyarakat belum banyak mengetahui produk syariah pada PT. BTN Syariah, dan sebagian besar masyarakat Pekanbaru masih kurang mampu. Kata kunci : Strategi Pemasaran Produk Tabungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:31
Last Modified: 17 Jan 2020 02:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25095

Actions (login required)

View Item View Item