Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA

NILA NURLAILI, 11417201168 (2020) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
NILA NURLAILI.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Nila Nurlaili, (2019): Studi Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan media kartu soal terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Termokimia Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan menggunakan nonquivalent control group design. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih diterapkannya metode konvesional dalam pembelajaran kimia dan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar kemampuan kognitif siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran antara Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan media kartu soal pada materi termokimia kelas XI semester ganjil Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Siak Hulu. Subjek penelitian ini adalah adalah siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dan diambil 2 kelas yaitu kelas XI MIA 1 (eksperimen 1) dan kelas XI MIA 2 (eksperimen 2). Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data akhir menggunakan uji-t. Hasil pengolahan data diperoleh thitung = 2,10 > ttabel = 1,67 dengan taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan media kartu soal pada pelajaran kimia kelas XI MIA di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Siak Hulu. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Think Pair Share (TPS), media kartu soal, termokimia, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:24
Last Modified: 16 Jan 2020 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25078

Actions (login required)

View Item View Item