Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pesan Moral Tarbawi Dalam Al-Qur’an Surat Al-Fîl Tentang Kisah Kehancuran Pasukan Abrahah Suatu Tinjauan Tafsir Tematik

KAUTSAR THOIB HARAHAP, - (2019) Pesan Moral Tarbawi Dalam Al-Qur’an Surat Al-Fîl Tentang Kisah Kehancuran Pasukan Abrahah Suatu Tinjauan Tafsir Tematik. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SKRIPSI KAUTSAR THOIB.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ Pesan Moral Tarbawi Dalam Al-Qur’an Surat Al-Fîl Tentang Kisah Kehancuran Pasukan Abrahah Suatu Tinjauan Tafsir Tematik” yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami secara umum penafsiran surat al-Fil dan mengetahui pesan moral tarbawi yang terdapat didalamnya. Abrahah melihat orang-orang banyak pergi melaksanakan haji ke Makkah, karena sifat kesombongan dan keangkuhannya ia ingin menarik perhatian orang-orang untuk pergi ke negerinya yaitu Yaman dengan membangun sebuah gereja yang besar dan megah bernama Al-Qullais, tetapi ia gagal, karena kegagalannya itu Abrahah bertekad untuk menyerang kota Makkah dan menghancurkan Ka’bah. Sebelum sampai ke kota Makkah Allah mengirim pasukan burung-burung dari berbagai arah yang melempari Abrahah dan bala tentaranya dengan batu yang berasal dari api neraka, seketika itu Abrahah dan bala tentaranya hancur dengan tubuh yang tercabik-cabik. Setelah terjadinya peristiwa ini maka umat islam dapat mengambil pesan moral tarbawi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis (Tematik) yakni menghimpun berbagai sumber bacaan sesuai dengan tema yang ditetapkan, lalu menafsirkan ayat-ayat tersebut. Setelah dianalisa berdasarkan penafsiran para mufassir tersebut, dapatlah diketahui pesan moral tarbawi yang terdapat dalam surat Al-Fîl tersebut yakni agar setiap kita memiliki sifat pengorbanan yang tinggi dan harus menjauhi sifat iri hati, dengki, sombong dan angkuh, serta sifat sebagai seorang yang pengkhianat. Karena sejatinya kesuksesan itu pemberian dari Allah SWT dan mudah bagi Allah untuk mengambil itu semua dan tidak ada sesuatupun yang bisa menandingi keuasaan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:58
Last Modified: 16 Jan 2020 04:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25060

Actions (login required)

View Item View Item