Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Balaghoh Tentang Uslub-Uslub Tasybih Dan Maksud-Maksudnya Dan Makna-Maknanya Dalam Qasidah Burdah Karya Al-Imam Albusyiri Dan Cara Pengajaranya di jurusan Pendidikan Bahasa Arab

AANG KUNAEFI, - (2019) Analisis Balaghoh Tentang Uslub-Uslub Tasybih Dan Maksud-Maksudnya Dan Makna-Maknanya Dalam Qasidah Burdah Karya Al-Imam Albusyiri Dan Cara Pengajaranya di jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
AANG KUNAEFI.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Aang Kunaefi, (2019): Analisis Balaghoh Tentang Uslub-Uslub Tasybih Dan Maksud-Maksudnya Dan Makna-Maknanya Dalam Qasidah Burdah Karya Al-Imam Albusyiri Dan Cara Pengajaranya di jurusan Pendidikan Bahasa Arab Penelitian ini adalah penelitian kualitatif pustaka yang bertujuan untuk mengetahui bait-bait syair pada qasidah burdah yang mengandung tasybih dan jenis-jenisnya dan maksud-mksudnya. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Tasybih apakah yang terkandung dalam qasidah burdah dan jenis-jenisnya serta maksud-maksudnya?. Metode dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Penelitian ini dimulai dari mengumpulkan data, mengelompokan data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Subjek penelitian adalah bait-bait syair pada qasidah burdah dan objek penelitian adalah uslub-uslub tasybih pada qasidah burdah karya Al-imam Al-busyiri. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dokumen resmi. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa jumlah bait syair yang mengandung tasybih ditinjau dari penyebutan rukun pada qasidah burdah adalah 21 bait. Dan jenis ditinjau dari penyebutan al-adat, Tasybih mursal 24 bait, tasybih muakkad 5 bait. Ditinjau dari penyebutan wajh sibhnya, tasybih mujmal 23 bait, tasybih mufassol 6 bait. Ditinjau dari penyebutan keduanya atau al-adat dan wajh sibh, tasybih baligh 5 bait dan tasybih tidak baligh 24 bait. Maksud-maksud tasybih yang terdapat pada qasidah burdah yaitu: 10 bait syair untuk menjelaskan keadaan musyabbah, 3 bait syair menjelaskan kemungkinan keadaan musyabbah, 2 bait syair menjelaskan kadar keadaan musyabbah, 2 bait syair untuk menetapkan keadaan musyabbah di hati pendengar, 4 bait syair untuk menghiasi dan memperindah musyabbah, dan satu bait syair untuk menganggap buruk musyabbah. Kata Kunci: Uslub-uslub tasybih, qasidah burdah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:25
Last Modified: 08 Apr 2020 09:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25054

Actions (login required)

View Item View Item