Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN TINGKAT INTELEGENSI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEKANBARU

AHMAT SYUKRO, - (2019) HUBUNGAN TINGKAT INTELEGENSI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (11MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)

Abstract

Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan tingkat intelegensi siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen dengan mengguanakan analisis statistik yakni analisis korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat intelegensi siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah seluruh siswa IPS di SMA Negeri 1 Pekanbaru. Objek penelitian adalah hubungan tingkat intelegensi siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi penelitian adalah siswa IPS kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Pekanbaru. Sampel penelitian ini diperoleh dengan teknik Stratified Random Sampling menggunakan rumus Slovin. Berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperoleh pengujian hipotesis pada analisis data didapat H0 ditolak dan Ha di terima, yakni dengan rhitung dengan n = 58 sebesar 0,60 berada pada taraf signifikan 5% < r0 > 1% dengan interval (0,258 < 0,60 > 0,334) sehingga menunjukkan hubungan intelegensi dengan hasil belajar adalah hubungan yang kuat, sedangkan untuk thitung dengan n = 58 sebesar 5,61 berada pada taraf 5% diperoleh ttabel 2,00 dan pada taraf 1% diperoleh ttabel 2,66 sehingga (2,00 < 5,61 > 2,66) dan dapat disimpulkan terdapat korelasi positif sehingga menunjukkan adanya hubungan tingkat intelegensi siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Lalu dilakukan perhitungan koefisien determinasi dan diperoleh kesimpulan bahwa intelegensi memberikan kontribusi sebesar 36% dengan hasil belajar siswa dan 64% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata Kunci: Intelegensi (IQ), Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:55
Last Modified: 16 Jan 2020 04:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25049

Actions (login required)

View Item View Item