Fadhilah, - (2019) Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Regulated Learning Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
|
Text
SKRIPSI FADHILAH.pdf Download (28MB) |
Abstract
ABSTRAK Fadhilah, (2019): Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Regulated Learning Siswa SMP/MTs. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih terdapat siswa SMP Negeri 2 Tambang yang belum optimal memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Open-ended dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran yang diterapkan oleh guru, mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan Self Regulated Learning tinggi, sedang, dan rendah serta mengetahui interaksi antara pendekatan Open-ended dan Self Regulated Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian factorial eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji ANOVA dua arah (two way ANOVA). Berdasarkan hasil analisis data uji ANOVA dua arah dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan Pendekatan Open-ended dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan hasil uji anova dua arah dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan Self Regulated Learning tinggi, sedang, dan rendah di SMP Negeri 2 Tambang serta tidak terdapat interaksi antara pendekatan Open-ended dan Self Regulated Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Open-Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Regulated Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 03:55 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 03:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25045 |
Actions (login required)
View Item |